Logo Bloomberg Technoz

Susu Sapi, Susu Kambing dan Susu Kerbau, Mana yang Lebih Sehat?

Redaksi
28 May 2024 12:00

Susu segar dari peternakan dijual di desa Caldbeck di Cumbria, Inggris, Kamis (7/9/2023). (Joanne Coates/Bloomberg)
Susu segar dari peternakan dijual di desa Caldbeck di Cumbria, Inggris, Kamis (7/9/2023). (Joanne Coates/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertanyaan mengenai susu mana yang sebenarnya paling sehat merupakan perdebatan yang sudah lama terjadi di kalangan masyarakat. 

Susu sapi, kerbau, dan kambing adalah tiga jenis susu yang dimaksud di sini. Untuk membantu Anda memutuskan produk susu mana yang paling sehat untuk dikonsumsi, berikut ulasan dari Bloomberg Technoz yang dirangkum dari berbagai sumber.

Susu Sapi

Kandungan Gizi susu sapi

Susu sapi merupakan makanan pokok di banyak rumah tangga dan memiliki beberapa manfaat nutrisi. Dibandingkan dengan susu kerbau dan kambing, susu sapi biasanya mengandung kadar lemak yang lebih rendah, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang memperhatikan asupan lemaknya.

Manfaat Kesehatan Susu Sapi

Meskipun kandungan proteinnya lebih sedikit dibandingkan susu kerbau, susu sapi tetap menyediakan nutrisi penting dalam jumlah yang cukup. Penting untuk kesehatan tulang, susu sapi adalah sumber kalsium yang dapat diandalkan. 

Selain itu, sering kali diperkaya dengan vitamin D, yang semakin meningkatkan nilai gizinya. Dengan kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan susu kerbau, susu sapi mungkin bermanfaat bagi individu dengan masalah kardiovaskular.

Kelebihan Susu Sapi

  • Kandungan lemak lebih rendah
  • Sumber kalsium yang baik
  • Sering diperkaya dengan vitamin D
  • Kadar kolesterol lebih rendah

Kekurangan Susu Sapi

  • Kandungan protein lebih sedikit dibandingkan susu kerbau

Susu Kerbau

Kandungan Gizi Susu Kerbau