Logo Bloomberg Technoz

Rangkaian Acara HUT ke-497 Jakarta Sebelum Tak Lagi Jadi Ibu Kota

Muhammad Fikri
28 May 2024 12:40

Pertunjukan 'video mapping' di Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pertunjukan 'video mapping' di Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Puncak perayaan HUT ke-497 Kota Jakarta akan dirayakan pada Sabtu, 22 Juni 2024. berikut daftar rangkaian acara HUT ke-497 Jakarta dilansir laman resmi Pemprov DKI Jakarta.

Perayaan hari jadi Kota Jakarta kerap dirayakan dengan rangkaian kegiatan mulai bulan Mei sampai dengan Juni 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Perayaan HUT ke-497, Pemprov DKI Jakarta mengusung tema Jakarta Kota Global Berjuta Pesona. Peringatan ulang tahun tersebut juga memperingati peralihan status ibu kota negara menuju arah pembangunan baru.

Pengertian Jakarta Kota Global, dilansir dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, "Selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan. Ketangguhan warganya membuat Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif. Tahun ini, Jakarta juga akan menghadapi perubahan perannya sebagai ibu kota yang akan mengarah ke kiblat baru, yakni kota global".

Sedangkan Berjuta Pesona diartikan sebagai "Melepaskan status sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota global dengan keunikan dan keragaman budayanya" tulisnya.