Logo Bloomberg Technoz

Mengapa China Kini Kuasai Teknologi Baterai EV? Ini Awal Mulanya

News
28 May 2024 11:45

Kendaraan listrik konsep milik SAIC asal China, dengan merek MG. (Dok: Bloomberg)
Kendaraan listrik konsep milik SAIC asal China, dengan merek MG. (Dok: Bloomberg)

Linda Lew—Bloomberg News

Bloomberg, Menghadirkan teknologi canggih di industri otomotif sudah menjadi cita–cita Presiden Xi Jinping 10 tahun lalu. Kini, mimpi telah jadi nyata dimana China telah mendominasi industri kendaraan listrik, mengalahkan Amerika Serikat (AS) sebagai pelopor teknologi EV dunia.

Cara Xi Jinping tidak bertarung ke mobil konvensional karena dia sangat paham bahwa pengembangan kendaraan berbasis energi alternatif baru jadi kunci kemenangan China di industri otomotif. Jawabannya adalah electric vehicle.

Kendaraan berbasis energi baru disampaikan Xi Jinping dalam sebuah pidato sesaat melihat beberapa sedan mewah dari salah satu produsen mobil terbesar di China, SAIC Motor Corp, dilansir laporan Xinhua tahun 2014. Mendorong menjadi pengembang terdepan Mengambil posisi terdepan atau “high ground” adalah kunci untuk kompetisi secara global, kata Xi.  

Pada tahun 2014, China menjual sekitar 75.000 mobil listrik dan hybrid. China juga mengekspor sekitar 533.000 mobil. Kala itu pasar domestik didominasi oleh produsen internasional seperti Volkswagen AG dan General Motors Co, yang diizinkan masuk dengan membentuk usaha patungan dengan pemain lokal pada tahun 1980-an dan 1990-an.