Logo Bloomberg Technoz

Program Susu Gratis: Prabowo Kaji Beri Susu Kambing untuk Anak

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 May 2024 10:40

Prabowo Subianto di acara Qatar Economic Forum, dalam sesi wawancara dengan Haslinda Amin dari Bloomberg TV (Christopher Pike/Bloomberg)
Prabowo Subianto di acara Qatar Economic Forum, dalam sesi wawancara dengan Haslinda Amin dari Bloomberg TV (Christopher Pike/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto mempertimbangkan untuk memberi susu kerbau dan susu kambing kepada anak-anak sekolah dalam program susu gratis yang akan direalisasikan ketika menjadi Kepala Negara tahun depan.

Sebelumnya, Prabowo merevisi penamaan program makan siang gratis menjadi ‘makan bergizi gratis untuk anak-anak'. Kedua program terintegrasi itu merupakan janji kampanye Prabowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo menjelaskan bahwa penerapan program susu gratis akan disesuaikan pada potensi pangan yang dimiliki masing-masing daerah. Dalam hal ini, ia mengatakan terdapat beberapa daerah yang memiliki susu kerbau sebagai komoditas unggulannya, sehingga ia menilai susu sapi dapat digantikan dengan hal tersebut.

“Kami akan lihat ternyata tergantung daerahnya sebagai contoh di daerah Maluku Barat Daya Pulau Moa mereka banyak kerbau, jadi susu kerbau disana ada cukup susu kerbau,” kata Prabowo dikutip melalui laman YouTube TV One News, Selasa (28/5/2024).

Selain itu, Prabowo menyebut terdapat daerah lainnya pula yang memiliki potensi produksi susu kambing dibandingkan susu sapi. Oleh karena itu, Prabowo juga mempertimbangkan untuk memberikan susu kambing dalam program susu gratis pada daerah tertentu.