Logo Bloomberg Technoz

Medco (MEDC) Resmi Lepas Lapangan Migas Area 47 di Libya

Sultan Ibnu Affan
28 May 2024 10:20

Kilang milik Medco (Dok medcoenergi.com)
Kilang milik Medco (Dok medcoenergi.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) resmi mengumumkan divestasi kepemilikannya pada kontrak Area 47 kepada Libya National Oil Corporation (NOC).  

Divestasi tersebut telah disepakati oleh kedua belah pihak dengan pengalihan seluruh hak partisipasi perseroan sebesar 50% dalam perjanjian bagi hasil eksplorasi dan produksi (EPSA) di lapangan minyak dan gas (migas) yang berlokasi di Libya itu.

Pengalihan tersebut juga meliputi seluruh kepemilikan saham MEDC pada Joint Operating Company (JOC), Nafusah Oil Operations B. V. Divestasi tersebut juga menyelesaikan seluruh tuntutan dan gugatan di bawah arbitrase antara MEDC dan NOC yang telah disepakati untuk ditarik.

"Divestasi ini sejalan dengan strategi MedcoEnergi untuk terus meningkatkan portofolio melalui akuisisi dan divestasi yang tepat sasaran," ujar CEO MEDC Roberto Lorato dalam siaran resminya, Selasa (28/5/2024).

Dalam keterbukaan informasinya, Sekretaris Perusahaan MEDC Siendy K. Wisandana mengatakan aksi ini tak akan berdampak terhadap kelangsungan usaha dan operasional perseroan.