Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Singgung Nasib Harga BBM Usai Juni, Naik atau Bertahan?

Dovana Hasiana
28 May 2024 09:50

Ilustrasi SPBU./Bloomberg-Kiyoshi Ota
Ilustrasi SPBU./Bloomberg-Kiyoshi Ota

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah bakal melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang menahan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi hingga Juni 2024.

Jokowi mengatakan evaluasi bakal dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan fiskal negara, yang digunakan untuk memberikan dana kompensasi imbas penahanan tersebut, serta harga minyak dunia.

Menurut Jokowi, pemerintah tentu bakal mengambil keputusan ihwal nasib harga BBM nonsubsidi usai Juni 2024 melalui pertimbangan matang.

“Semuanya akan dikalkulasi, semua akan dihitung, semuanya akan dilakukan lewat pertimbangan matang, karena itu menyangkut hajat hidup orang banyak bisa memengaruhi harga, bisa memengaruhi semuanya,” ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Selasa (28/5/2024). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin KTT World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). (Medcen WWF 2024/Aditya Pradana Putra)


Sekadar catatan, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM hingga pertengahan tahun ini. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang paripurna Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama kabinetnya pada Senin (26/2/2024).