Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Cek Blok Rokan: Mending Dikelola Pertamina atau Chevron?

Dovana Hasiana
28 May 2024 09:00

Ilustrasi Blok Rokan. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi Blok Rokan. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz,  Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana melakukan peninjauan terhadap Wilayah Kerja (WK) Rokan pada pekan ini hingga pekan depan.

Hal ini dilakukan untuk meninjau blok minyak yang menjadi salah satu andalan Indonesia tersebut, setelah 100% pengelolaannya berpindah tangan ke Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Sekadar catatan, WK itu tadinya dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Chevron Pacific Indonesia (CPI). Namun, operasionalnya beralih kepada PHR sejak 9 Agustus 2021.

“Minggu ini saya akan cek lagi setelah kita ambil alih dari Chevron Amerika Serikat, sudah kita ambil alih 100%. Saya mau cek, apakah kita kelola sendiri lebih baik daripada dikelola asing?" ujar Jokowi dalam agenda Inagurasi Menuju Ansor Masa Depan, Senin (27/5/2024).

Pengeboran Sumur MNK Kedua Blok Rokan. (dok: Kementerian ESDM)

Menurut Jokowi, terdapat dua kemungkinan dari pengelolaan WK Rokan setelah beralih ke Indonesia, yakni kemungkinan menjadi lebih baik atau tidak baik. “Saya harapkan, minggu depan saya ke Rokan, semoga hasilnya lebih baik dari sebelumnya.”