Logo Bloomberg Technoz

Benarkah Subsidi Energi Dipangkas 2025? Begini Jawab Sri Mulyani

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 May 2024 08:00

Menkeu Sri Mulyani saat sosialisasi Permendag Nomor 8 Tahun 2024 di Tanjung Priok, Sabtu (18/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menkeu Sri Mulyani saat sosialisasi Permendag Nomor 8 Tahun 2024 di Tanjung Priok, Sabtu (18/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan rencana pemerintah dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) untuk merombak subsidi energi pada tahun depan masih harus melalui serangkaian pembahasan di DPR.

Dengan demikian, dia mensinyalir bahwa pemangkasan subsidi energi belum tentu akan dilakukan pada 2025 lantaran rencana yang tercantum dalam KEM-PPKF masih postur awal dalam rentang yang besar sehingga masih terdapat kemungkinan dilakukan penyesuain kembali.

Bendahara Negara ini menjelaskan KEM-PPKF masih akan dibahas oleh fraksi-fraksi DPR RI, setelah itu akan dilakukan di Badan Anggaran DPR RI, dan dilakukan kalibrasi kembali dengan laporan semester (lapsem) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

“Di situ kami kalibrasi lagi, nanti kan ada laporan semester. Nanti kombinasi dengan lapsem dan pembahasan DPR, nanti kita lihat yang terbaik pada 2025,” kata Sri Mulyani saat ditemui awak media usai konferensi pers APBN Kita, Senin (27/5/2024).

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Potensi Efisiensi