Logo Bloomberg Technoz

Bank BRI Dominasi UMKM, Analis Rekomendasi Beli Saham BBRI

Muhammad Julian Fadli
27 May 2024 20:52

Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)
Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI/Saham BBRI) memegang posisi yang tak tertandingi di segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tengah berkembang pesat di Indonesia.

Pencapaian positif tersebut tercermin dari pencapaian pertumbuhan kredit yang luar biasa oleh Bank BRI, dengan total kredit mencapai Rp1.308,65 triliun hingga Maret 2024, tumbuh dua digit mencapai 10,89% year-on-year/yoy. Menariknya, lebih dari 83% dari total kredit yang mencapai Rp1.089,41 triliun, disalurkan untuk segmen UMKM.

Kinerja kredit yang amat mengesankan ini mempengaruhi laju pertumbuhan aset Perusahaan keseluruhan, dengan total aset BRI yang menyentuh Rp1.989,07 triliun, melonjak 9,11% yoy.

Segmen pinjaman Bank BRI, termasuk mikro, konsumer, kecil dan menengah, dan juga korporasi, keseluruhannya berhasil mencatat pertumbuhan yang ada di dalam tren ekspansif, membuktikan dominasi pasar yang kuat.

Keunggulan tersebut didukung penuh oleh jaringan cabang yang tersebar luas dan produk UMKM yang berfokus, memungkinkan BRI untuk mengecap margin juga ROE tertinggi di industri keuangan RI. Hal tersebut diungkapkan oleh Analis Sucor Sekuritas, Edward Lowis, dalam riset terbaru yang diterbitkan.