Logo Bloomberg Technoz

Anggota Legislatif Thailand Dipenjara atas Tuduhan Menghina Raja

News
27 May 2024 20:30

Thailand. (Sumber: Bloomberg)
Thailand. (Sumber: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Pengadilan Thailand menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada seorang anggota legislatif dari partai reformis berdasarkan undang-undang lese majeste negara tersebut. Hal ini menambah deretan masalah hukum bagi partai oposisi utama yang menghadapi pembubaran meskipun memenangkan pemilihan umum (pemilu) setahun lalu.

Chonthicha Jangrew (31 tahun) dari Partai Move Forward dinyatakan bersalah karena mencemarkan nama baik Raja Maha Vajiralongkorn dalam pidato yang dia sampaikan pada September 2021 saat menyerukan pembebasan tahanan politik. 

Pengadilan provinsi pada Senin (27/05/2024) mengabulkan penangguhan penahanan Chonthicha setelah mengurangi hukuman penjara menjadi dua tahun. Anggota legislatif tersebut mengatakan kepada wartawan bahwa dia berencana untuk mengajukan banding atas putusan tersebut.

Mantan aktivis pro-demokrasi itu adalah salah satu dari beberapa orang yang mencalonkan diri dalam pemilihan umum tahun lalu dan memenangkan kursi di majelis rendah parlemen Thailand. Putusan terhadap Chonthicha mengikuti putusan serupa terhadap anggota legislatif Move Forward lainnya pada bulan Desember.