Logo Bloomberg Technoz

Israel Serang Rafah, Spanyol Ajak 26 Negara UE Dukung Putusan ICJ

Redaksi
27 May 2024 19:15

Warga Palestina mengungsi jelang operasi militer oleh Israel di Rafah, Gaza, Senin (6/5/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mengungsi jelang operasi militer oleh Israel di Rafah, Gaza, Senin (6/5/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares mengatakan pada Senin (27/05/2024) bahwa dia akan meminta 26 negara anggota Uni Eropa (UE) untuk memberikan dukungan resmi kepada Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) terkait putusan terhadap Israel. 

Dalam pernyataan yang disampaikan kepada wartawan saat umpa pers di Brussels bersama rekan-rekannya dari Irlandia dan Norwegia, Albares juga mengajak 26 negara UE lainnya untuk memastikan Israel menghormati keputusan pengadilan tersebut.

"Saya akan meminta 26 mitra lainnya untuk menyatakan dukungan kepada Mahkamah Internasional dan keputusannya. Jika Israel terus melakukan tindakan yang menentang pendapat Mahkamah Internasional, kami akan mencoba mengambil tindakan yang tepat untuk menegakkan keputusan tersebut," ungkapnya seperti diberitakan oleh Reuters.

Setidaknya 35 warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di sebuah kamp pengungsi di Rafah pada Minggu (26/05/2024). Serangan terjadi hanya berselang dua hari setelah ICJ mengeluarkan keputusan yang memerintahkan Israel menghentikan operasinya di Rafah demi menyelamatkan warga sipil.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka melakukan serangan berdasarkan “intelijen yang tepat” terhadap “target yang sah berdasarkan hukum internasional” dan bahwa mereka membunuh dua pejabat “senior” Hamas yang bertanggung jawab atas operasi di Tepi Barat.