Logo Bloomberg Technoz

Obat Kanker Paru-paru AstraZeneca Berhasil Perpanjang Usia Pasien

News
27 May 2024 16:10

AstraZeneca. (Sumber: Bloomberg)
AstraZeneca. (Sumber: Bloomberg)

Marthe Fourcade - Bloomberg News

Bloomberg, Obat eksperimental Dato-DXd yang dikembangkan oleh AstraZeneca Plc dan mitranya Daiichi Sankyo Co berhasil memperpanjang harapan hidup sebagian pasien kanker paru-paru dalam sebuah penelitian tahap akhir.

Tahun lalu, obat ini telah menunjukkan kemampuan untuk menunda perkembangan kanker. Kini, para peneliti telah menganalisis data untuk menentukan apakah obat tersebut benar-benar dapat memperpanjang umur pasien - sebuah faktor kunci yang disebut kelangsungan hidup secara keseluruhan.

Obat tersebut merupakan konjugat obat antibodi yang memiliki nama lengkap datopotamab deruxtecan. Obat ini bekerja dengan membawa kemoterapi yang kuat langsung ke sel kanker untuk mematikan sel tersebut, sementara sel sehat tetap terlindungi.

Astra mengatakan pada Senin (27/05/2024) peneliti menemukan bahwa manfaat kelangsungan hidup secara keseluruhan tidak signifikan secara statistik pada semua pasien yang terdaftar dalam uji coba. Namun, obat tersebut berhasil memperpanjang hidup pasien dengan kanker paru-paru non-sel kecil non-skuamosa, yang mencakup 75% dari relawan penelitian. Para pasien ini sebelumnya telah menerima setidaknya satu bentuk pengobatan lain.