Logo Bloomberg Technoz

Saham-saham perusahaan cip utama China melonjak pada Senin. SMIC, pembuat cip terbesar di China, naik sebanyak 8,1% di Hong Kong, sementara Hua Hong Semiconductor Ltd yang merupakan pesaing yang lebih kecil, naik lebih dari 10%.

Pemegang saham terbesar dalam dana terbaru ini adalah Kementerian Keuangan Tiongkok, dan perusahaan investasi yang dimiliki oleh pemerintah daerah di Shenzhen dan Beijing juga berkontribusi. Pemerintah Shenzhen telah mendukung beberapa pabrik pembuatan cip di Provinsi Guangdong, China Selatan, dalam upaya untuk membebaskan Huawei Technologies Co dari sanksi AS selama bertahun-tahun yang memutus aksesnya terhadap sejumlah besar komponen semikonduktor impor.

Negara-negara adidaya yang dipimpin oleh AS dan Uni Eropa telah mengucurkan hampir US$81 miliar untuk mengembangkan semikonduktor generasi berikutnya, meningkatkan pertarungan global dengan China untuk memperebutkan supremasi cip. Undang-Undang Chips and Science 2022 dari pemerintahan Biden mencakup US$39 miliar dalam bentuk hibah untuk para pembuat cip, serta US$75 miliar dalam bentuk pinjaman dan jaminan.

China telah lama memiliki kebijakan industri yang lebih proaktif, termasuk program ambisius yang disebut Made in China 2025 yang menjabarkan tujuan pengembangan di bidang bioteknologi, kendaraan listrik, dan semikonduktor.

Setidaknya sejak tahun 2015 ketika program tersebut diluncurkan, China telah menjadi pendukung utama sektor ini, menggunakan modal negara untuk mendanai pembuat cip lokal seperti Semiconductor Manufacturing International Corp.

Dana cip nasional diresmikan sekitar satu dekade yang lalu dengan modal investasi sekitar 100 miliar yuan. Xi, segera setelah menjadi Presiden China, memulai perombakan besar-besaran pada industri manufaktur negara ini, dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi canggih mulai dari robotika hingga pembuatan cip yang canggih.

China menggandakan ukuran Big Fund II pada tahun 2019 seiring dengan meningkatnya persaingan dengan Amerika Serikat dalam hal supremasi teknologi di masa pemerintahan Trump. Modal tersebut digunakan untuk mendanai beberapa proyek cip yang paling menjanjikan di negara ini, mulai dari pabrik-pabrik baru SMIC hingga produsen mesin pembuat cip Advanced Micro-Fabrication Equipment Inc China.

Namun, investasi besar-besaran dari Beijing tidak selalu membuahkan hasil. Pimpinan tertinggi China merasa frustrasi dengan kegagalan selama bertahun-tahun dalam mengembangkan semikonduktor yang dapat menggantikan sirkuit AS. Selain itu, mantan bos Big Fund dicopot dan diselidiki atas tuduhan korupsi.

Pemerintahan Biden telah mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memperlambat kemajuan teknologi China, dengan alasan bahwa langkah-langkah tersebut diperlukan untuk keamanan nasional. Selama dua tahun terakhir, AS telah memutus kemampuan China untuk membeli cip tercanggih dari Nvidia Corp, yang digunakan untuk melatih model kecerdasan buatan, serta mesin pembuat cip tercanggih dari perusahaan-perusahaan seperti ASML Holding NV dan Applied Materials Inc.

China telah merespons dengan meningkatkan investasinya dalam kemampuan pembuatan cip yang kurang canggih, yang oleh sebagian orang di industri ini disebut sebagai cip lama. China kini membangun jaringan perusahaan cip di sekitar juara nasionalnya, Huawei, untuk terobosan teknologi dalam pengembangan dan pembuatan cip canggih. Big Fund III yang baru saja dibentuk dapat menyediakan dana untuk proyek-proyek tersebut.

(bbn)

No more pages