Logo Bloomberg Technoz

China Siapkan Dana Rp763,77 T untuk Dukung Industri Cip Domestik

News
27 May 2024 15:30

Gambaran fisik cip semikonduktor canggih secara kasat mata. (Dok: Bloomberg)
Gambaran fisik cip semikonduktor canggih secara kasat mata. (Dok: Bloomberg)

Gao Yuan - Bloomberg News

Bloomberg, China telah menyiapkan dana investasi semikonduktor terbesar yang pernah ada di negara itu untuk mendorong pengembangan industri cip dalam negeri, upaya terbaru dari Beijing untuk mencapai swasembada karena AS berusaha membatasi pertumbuhannya.

Dana Investasi Industri Sirkuit Terpadu Nasional tahap ketiga telah mengumpulkan 344 miliar yuan (sekira Rp763,77 triliun) dari pemerintah pusat dan berbagai bank dan perusahaan milik negara, termasuk Industrial & Commercial Bank of China Ltd, menurut Tianyancha, sebuah platform online yang mengumpulkan informasi registrasi perusahaan resmi. Dana tersebut dimasukkan pada 24 Mei.

Kendaraan investasi terbaru, yang dikenal sebagai Big Fund III, menggarisbawahi dorongan baru dari pemerintah Xi Jinping untuk membangun industri semikonduktornya sendiri karena ketegangan dengan AS meningkat.

Pemerintahan Biden telah memberlakukan pembatasan besar-besaran terhadap kemampuan China untuk membeli cip canggih dan peralatan pembuatan cip, dan sekarang mendesak sekutu-sekutunya--termasuk Belanda, Jerman, Korea Selatan, dan Jepang--untuk lebih memperketat pembatasan terhadap China dan menutup celah-celah kontrol ekspor yang ada.