Logo Bloomberg Technoz

Diaspora Dukung Rencana Indonesia Beri Kewarganegaraan Ganda

News
27 May 2024 15:20

Ilustrasi Paspor (Dok Freepik)
Ilustrasi Paspor (Dok Freepik)

Norman Harsono - Bloomberg News

Bloomberg, Rencana Indonesia untuk memungkinkan kewarganegaraan ganda mendapatkan perhatian dari kelompok-kelompok yang mewakili para migran. Mereka menyatakan terbuka untuk kembali ke Tanah Air.

Menurut undangan yang dilihat oleh Bloomberg dan dikonfirmasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pemerintah mengadakan pertemuan pada awal Mei dengan asosiasi yang mewakili orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan keluarga dengan kewarganegaraan campuran untuk mengumpulkan masukan mereka tentang rencana tersebut.

Dalam pertemuan itu, kelompok-kelompok tersebut mengatakan mereka tertarik untuk kembali jika mereka bisa mendapatkan kewarganegaraan ganda, karena itu akan memudahkan mereka untuk mendapatkan pekerjaan, membuka usaha, dan memiliki properti.

Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, mengkonfirmasi pertemuan tersebut dan mengatakan pemerintah juga sedang mendiskusikan cara-cara alternatif untuk menarik orang Indonesia di luar negeri untuk kembali. Termasuk dengan memberikan jalur yang lebih mudah bagi anak-anak yang lahir dari orang tua dengan kewarganegaraan campuran untuk mendapatkan kembali kewarganegaraan mereka.