Logo Bloomberg Technoz

Dia berterima kasih kepada Amerika Serikat dan negara-negara lain atas ungkapan keprihatinan mereka tentang latihan militer China.

"Komunitas internasional tidak akan menerima negara manapun yang menciptakan gelombang di Selat Taiwan dan memengaruhi stabilitas regional," tambah Lai.

Kelompok anggota parlemen AS pertama yang mengunjungi Taiwan sejak Lai menjabat tiba di pulau itu pada Minggu untuk kunjungan empat hari, dipimpin oleh Michael McCaul, ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR dari Partai Republik.

McCaul, yang bergabung dengan kelompok bipartisan yang terdiri dari lima anggota parlemen lainnya, bertemu dengan Lai pada Senin pagi untuk "bertukar pandangan tentang perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik", kata kantor kepresidenan Taiwan.

"Taiwan adalah negara demokrasi yang berkembang. AS akan terus mendukung mitra setia kami dan bekerja untuk mempertahankan status quo di Selat Taiwan," kata McCaul dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Taiwan telah mengutuk permainan perang yang dilakukan oleh China. Selama empat tahun terakhir, China telah melakukan kegiatan militer rutin di sekitar Taiwan dalam upaya untuk menekan pemerintah pulau tersebut.

Pada Minggu, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa garnisun di pulau Erdan, bagian dari kepulauan Kinmen yang dikuasai Taiwan yang terletak di sebelah kota Xiamen dan Quanzhou di China, telah menemukan sebuah kotak kardus "kasar" yang berisi kertas bertuliskan slogan-slogan politik yang ditulis dengan huruf Mandarin yang disederhanakan yang digunakan di China.

Kementerian itu mengatakan bahwa kotak itu diduga dijatuhkan oleh pesawat tak berawak di luar garis pandang, dan menambahkan, "Ini adalah trik operasi kognitif yang khas."

Pada tahun 2022, Taiwan menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak di lepas pantai Kinmen setelah mengeluhkan adanya gangguan selama berhari-hari.

Kementerian Pertahanan China tidak menjawab panggilan telepon di luar jam kerja.

Militer China telah terus-menerus menayangkan video propaganda dan animasi yang ditujukan kepada Taiwan sejak latihan dimulai.

Komando Teater Timur, yang menjalankan latihan tersebut, pada Minggu menayangkan sebuah video yang menunjukkan penembakan roket yang disebutnya sebagai "mematikan lintas selat".

(red/ros)

No more pages