Logo Bloomberg Technoz

Kinerja solid dan kokoh tersebut terjadi di tengah tantangan yang menerapkan harga jual rata-rata (Average Selling Price/ASP) yang ‘Sedikit’ lebih tinggi pada produk cokelat tertentu.

“Menyusul lonjakan harga kakao di awal tahun ini, Mayora Indah akan menaikkan harga (Kurang dari 10%) pada produk cokelat tertentu, termasuk Beng Beng, mulai Juni. Perusahaan menyatakan bahwa kenaikan harga ini akan dicapai terutama melalui pengurangan berat produk dengan harga lebih rendah,” jelas Christine.

Keputusan ini mengikuti kenaikan harga serupa yang juga digencarkan oleh para pesaing. Perlu dicatat bahwa segmen cokelat merupakan kontributor terbesar ketiga terhadap total pendapatan makanan kemasan MYOR.

Menariknya, produk unggulan Choki-Choki dari Mayora, menggunakan bubuk kakao yang lebih hemat biaya, mencapai 40% lebih murah dibandingkan dengan kakao cair lain, dan mentega yang digunakan Beng-Beng, sehingga Perusahaan memilih untuk mempertahankan ASP saat ini.

Ditambahlagi, MYOR menyimpan persediaan kakao selama masa panen pada bulan April dan September, mempertahankan pasokan selama enam bulan.

Dengan melihat ketahanan fundamental yang solid terhadap kinerja Mayora Indah yang tetap di laju, dan efisiensi bahan baku (Turunnya Beban Usaha pada Penjualan). Bahana Sekuritas mempertahankan dengan lugas merekomendasikan “Buy” saham MYOR dengan target harga saham tetap di Rp3.200/saham. Hal ini mencerminkan potensi kenaikan nyaris mencapai 40% atau tepatnya 39,7% dibandingkan harga hari ini di kisaran Rp2.290/saham.

“Kami mempertahankan rekomendasi Buy/Beli saham MYOR dengan target harga yang tidak berubah di Rp3.200/saham berdasarkan target PE sebesar 21x pada EPS 2024E, yang berada pada -0.5x dari rata-rata 10 tahunnya,” tulisnya.

Mencermati lebih lanjut, terdapat sejumlah 21 analis dalam konsensus Bloomberg kompak memberikan rekomendasi Beli untuk saham MYOR, hanya ada dua analis yang rekomendasi Hold. Adapun target harga untuk satu tahun ke depan ada di level Rp3.213/saham.

Akshay Sugandi, Analis Macquarie memberikan rekomendasi Outperform pada saham MYOR dengan target harga dapat mencapai Rp3.500/saham. Lebih optimis, Calista Muskitta, Analis BCA Sekuritas memberikan rekomendasi Buy dengan target harga mencapai Rp3.800/saham.

(fad/dba)

No more pages