Logo Bloomberg Technoz

China, Jepang & Korsel Bertemu Bahas Soal Rantai Pasokan

News
27 May 2024 12:50

Perdana Menteri China Li Qiang dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. (Dok: Bloomberg)
Perdana Menteri China Li Qiang dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. (Dok: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, China, Jepang, dan Korea Selatan berupaya merevitalisasi kerja sama dalam bidang keamanan dan ekonomi pada KTT tiga negara formal pertama mereka sejak tahun 2019, dengan Perdana Menteri Li Qiang berusaha membujuk negara-negara tetangganya untuk bekerja sama dengan Beijing dalam menjaga kestabilan rantai pasokan.

Li menyarankan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dalam pembicaraan tiga arah mereka pada Senin (27/5/2024) di Seoul untuk menolak memainkan politik blok dan memisahkan diri dari China, kantor berita resmi Xinhua melaporkan.

Pertemuan ini terjadi ketika Beijing telah mendorong kembali pengetatan aturan ekspor cip AS yang merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk melumpuhkan industri pembuatan cip China karena masalah keamanan nasional.

Jepang dan Korea Selatan, yang telah mendekatkan diri satu sama lain dan Washington di bawah kepemimpinan Yoon, merupakan pusat dari upaya AS untuk menolak akses Beijing ke alat dan teknologi pembuatan cip kelas atas.