Logo Bloomberg Technoz

Ia menyebut pemerintah Indonesia telah berkomitmen mengurangi 70% sampah plastik di laut pada 2025. Jiro mengatakan, hingga akhir 2022 lalu telah terjadi pengurangan sampah plastik di laut hingga 35% jika dibandingkan dengan jumlah sampah di laut pada 2018.

“ADB akan mendukung Rencana Aksi dengan meningkatkan pengelolaan limbah plastik, mengurangi produksi dan konsumsi plastik yang bermasalah, serta memperkuat data dan perangkat pemantauan untuk pembuatan kebijakan,” ungkapnya.

Menurutnya meskipun pakta internasional yang menekankan pada penurunan polusi plastik atau pakta plastik dunia (global plastic treaty) masih dalam proses pembahasan, ADB tetap mendukung rencana aksi nasional penanganan sampah laut yang dicanangkan RI.

Ia menekankan bahwa program pengurangan sampah laut memiliki fokus dalam pembenahan tiga aspek, yakni menangani limbah di hilir, intervensi di hulu untuk mengurangi produksi limbah plastik, hingga reformasi elemen-elemen pendukung.

“ADB senang dapat bermitra dengan Indonesia untuk mengurangi sampah laut dan sekaligus mempromosikan pengembangan ekonomi biru,” kata Jiro.

(wep)

No more pages