Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Rilis GovTech, Hasil Integrasi Banyak Aplikasi Pemerintah

Redaksi
27 May 2024 09:50

Ilustrasi teknologi canggih. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi teknologi canggih. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan luncurkan layanan publik berbasis digital Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)  atau Government Technology (GovTech) hari ini, Senin (27/5/2024). Apa yang membedakan dengan layanan digital pemerintah lain?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullar Azwar Anas mengatakan GovTech menjanjikan pelayanan publik Indonesia akan lebih mudah, cepat, transparan. Layana juga diklaim bisa segera diakses masyarakat.

Anas nenambahkan bahwa peluncuran bertepatan dengan SPBE Summit 2024 di Istana Negara serta penandatanganan komitmen 9 layanan SPBE prioritas, dan penyerahan Digital Government Award, dikutip dari keterangan tertulis, Senin.

Pelayanan publik menjadi pekerjaan rumah pemerintah, bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut selama ini masing–masing lembaga negara atau institusi membuat aplikasinya sendiri, tidak terintegrasi.

GovTech kemudian menjadi proyek integrasi sistem layanan digital, menyatukan sekitar 27.000 aplikasi layanan dari kementerian/lembaga (K/L) yang berhubungan dengan masyarakat.