Logo Bloomberg Technoz

Kabar Baik bagi Trader Obligasi yang Terjebak dalam Permainan Fed

News
27 May 2024 09:10

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Liz Capo McCormick dan Michael Mackenzie - Bloomberg News

Bloomberg, Pedagang obligasi yang terjebak dalam permainan menunggu atas kebijakan suku bunga Federal Reserve akan segera mendapatkan dukungan.

Mulai Rabu, dan untuk pertama kalinya sejak awal tahun 2000-an, Departemen Keuangan akan meluncurkan serangkaian pembelian kembali (buyback) yang menargetkan utang yang sudah lama dan lebih sulit diperdagangkan. Kemudian pada Juni, bank sentral AS akan mulai mengurangi laju pelonggaran neraca keuangannya, yang dikenal sebagai pengetatan kuantitatif, atau QT.

Kedua langkah tersebut akan memberikan dukungan kepada pasar Treasury yang telah terguncang tahun ini karena para investor secara radikal menyesuaikan kembali ekspektasi mereka untuk penurunan suku bunga dalam menghadapi pertumbuhan AS yang terus-menerus dan inflasi yang secara mengejutkan tinggi. Upaya pemerintah seharusnya membantu kemampuan untuk berdagang pada saat Treasury telah tenang terutama setelah beberapa kantong volatilitas.

"Pembelian kembali akan sangat membantu dan akan menjadi penahan yang baik," kata Jay Barry, kepala strategi suku bunga AS di JPMorgan Chase & Co. "Dan perlambatan pengetatan kuantitatif The Fed akan membantu karena manajemen risiko yang bijaksana yang seharusnya meredakan kekhawatiran bahwa kita akan mengalami pengulangan" krisis 2019 di pasar pendanaan semalam, katanya.

Volatility. (Dok: Bloomberg)