Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan para menteri keuangan G-7 di Stresa, Italia menyebutkan nama China ketika mereka sepakat untuk “menanggapi praktik-praktik berbahaya” dan “mempertimbangkan mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesetaraan.” Kata-kata tersebut menandai peningkatan dari bahasa perdagangan yang jarang dan lebih netral yang biasa mereka gunakan dalam komunike.

Pernyataan mereka menyusul pengumuman Washington pada Jumat bahwa Presiden Joe  Amerika Serikat (AS) Biden akan menerapkan kembali tarif terhadap ratusan barang yang diimpor dari China.

Sementara itu, Uni Eropa (UE) mendekati akhir dari penyelidikan subsidi kendaraan listrik yang kemungkinan akan mengarah pada tindakan defensif terhadap ekspor mobil China.

Potensi pungutan UE diperkirakan jauh lebih rendah dibandingkan dengan AS dan didasarkan pada pendekatan yang berbeda dalam peraturan dan prosedur Organisasi Perdagangan Dunia.

Le Maire mengatakan pada pertemuan G-7 bahwa negara-negara anggota perlu memperkuat pertukaran informasi dan melakukan penilaian bersama terhadap praktik industri China.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa UE mempunyai semua alat yang diperlukan untuk membangun kembali persaingan yang setara.

“Jangan membuat kesalahan apapun mengenai tekad negara-negara UE dan tekad Prancis,” kata Le Maire.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire./dok. Bloomberg

Kerja Sama AI

Lebih lanjut, Le Maire mengatakan dia berusaha untuk mempertahankan keuntungan dari kebijakan dan investasi pemerintah selama bertahun-tahun untuk membangun sektor industri dan teknologinya sendiri. 

Prioritas utamanya adalah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), di mana Prancis ingin mempertahankan kepemimpinannya di Eropa.

Hal ini telah menarik modal asing, dengan Microsoft Corp. mengumumkan investasi sebesar €4 miliar pada infrastruktur komputasi awan (cloud ) dan AI Prancis pada bulan ini. Mistral AI yang berbasis di Paris juga telah mengumumkan kemitraan dengan Microsoft pada Februari.

Ketika ditanya apakah dia dapat menggunakan aturan penyaringan negara untuk mencegah investor asing mengambil alih perusahaan teknologi Prancis, Le Maire mengatakan bahwa intinya saat ini adalah meningkatkan kerja sama, bukan menghalanginya.

“Kami akan melihat apa saja pilihan kerja sama antara Mistral dan Microsoft,” kata Le Maire. “Untuk saat ini, Microsoft berinvestasi di Prancis, membuka pusat data di Perancis dan investasi Microsoft di Prancis sangat disambut baik.”

(bbn)

No more pages