Logo Bloomberg Technoz

Para trader akan mengamati dengan saksama pidato dari Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda pada Senin untuk mendapatkan petunjuk mengenai prospek kebijakan bank sentral karena pasar memperkirakan adanya kemungkinan kenaikan suku bunga lagi tahun ini. Yen berfluktuasi di sekitar 157 per dolar pada Jumat karena pejabat mata uang utama Jepang menegaskan kembali sikapnya untuk mengambil langkah-langkah melawan pergerakan yang berlebihan.

Asian stocks. (Dok: Bloomberg)

Namun, Wall Street mendapat sedikit kelegaan karena data University of Michigan menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan harga-harga akan naik pada tingkat tahunan 3,3% selama tahun depan, turun dari 3,5% yang diperkirakan di awal bulan.

Treasury nyaris tidak bergerak setelah Gubernur Fed Christopher Waller mengatakan bahwa dia masih berpikir bahwa suku bunga netral relatif rendah, sambil memperingatkan bahwa pengeluaran fiskal yang tidak berkelanjutan dapat mengubah tren tersebut.

Dalam sesi dengan volume rendah menjelang akhir pekan panjang Memorial Day, S&P 500 rebound dari penurunan selama dua hari sementara Nasdaq 100 mencapai level tertinggi sepanjang masa, dipimpin oleh kenaikan Nvidia Corp. Saham-saham kripto naik karena Komisi Sekuritas dan Bursa membuka jalan untuk peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa AS yang pertama yang berinvestasi langsung dalam Ether.

Dolar melemah tipis di Asia pada Senin sementara perdagangan Treasury tunai ditutup. Dengan ditutupnya pasar AS pada Senin, aturan "T+1" akan mulai berlaku saat para trader kembali dari liburan akhir pekan--membuat ekuitas AS diselesaikan dalam satu hari, bukan dua hari.

Di tempat lain di minggu ini, para investor akan memperhatikan profit industri dan data PMI China untuk membantu mengukur kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia ini. Sejumlah data inflasi dari Australia hingga Jepang dan Zona Euro juga akan dirilis karena para trader menebak-nebak prospek kebijakan moneter.

"Pembacaan Zona Euro yang lebih kuat tidak akan menghalangi ekspektasi penurunan suku bunga pada 6 Juni," kata Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global. "Juga tidak akan berdampak pada ekspektasi kenaikan Tokyo yang lebih tinggi untuk BOJ."

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

Indeks S&P 500 berjangka sedikit berubah pada pukul 7:45 pagi waktu Tokyo
Hang Seng berjangka naik 0,4%
Indeks S&P/ASX 200 berjangka naik 0,6%
Nikkei 225 berjangka naik 0,5%

Mata uang

Euro sedikit berubah pada US$1,0850
Yen Jepang sedikit berubah pada 156,91 per dolar
Yuan luar negeri sedikit berubah pada 7,2616 per dolar
Dolar Australia sedikit berubah pada US$0,6633

Mata uang kripto

Bitcoin sedikit berubah pada US$68.654,23
Eter turun 0,2% menjadi US$3,849.85

Obligasi

Imbal hasil obligasi 10 tahun turun satu basis poin menjadi 4,46% pada Jumat
Imbal hasil obligasi 10 tahun Australia turun satu basis poin menjadi 4,30%.

Komoditas

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,1% menjadi US$77,83 per barel
Emas spot naik 0,2% menjadi US$2.339,01 per ons

(bbn)

No more pages