Logo Bloomberg Technoz

Dana IPO untuk Bayar Utang, ini Penjelasan Dirut MBM

Tara Marchelin
30 March 2023 17:12

Konferensi pers PT Merdeka Battery Materials pada Kamis (30/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Konferensi pers PT Merdeka Battery Materials pada Kamis (30/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Merdeka Battery Materials (MBM), Devin Antonio Ridwan, berkomentar terkait rencana alokasi dana penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) untuk pembayaran utang. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk memperkuat fundamental ekuitas perusahaan. 

“Mengapa dibayar utang? Kalau kita lihat, dasar dari utang yang kami miliki merupakan hasil pengembangan usaha MBM sebelumnya. Dengan pembayaran utang ini, MBM memiliki fundamental ekuitas yang lebih kuat,” kata Devin dalam konferensi pers pada Kamis (30/3/2023). 

Selain itu, menurutnya, hal tersebut juga akan memberikan fleksibilitas lebih tinggi kepada MBM untuk mencari pendanaan baru dan melakukan ekspansi bisnis ke depannya. 

“Jika dilihat dari total yang didapatkan, kalau kembali ke tujuan awal, itu pengembangan daripada grup MBM walaupun salah satunya dalam bentuk pembayaran utang. Pembayaran utang ini membuka kesempatan yang sangat luas bagi MBM untuk mendapat pendanaan baru jika diperlukan di masa mendatang,” jelasnya. 

Selain itu, ketika ditanya tentang rencana pembagian dividen, Devin mengatakan tidak ingin banyak berkomentar. Ia mengungkapkan pihaknya fokus pada pengembangan proyek-proyek sehingga dapat memberikan nilai tambah.