Logo Bloomberg Technoz

Kerja Sistem Bayar Tol Tanpa Sentuh (MLFF), Bisa Dikenai Denda

Redaksi
26 May 2024 17:00

Ilustrasi Tol Cipali. (Dok: Ist/Pu.go.id)
Ilustrasi Tol Cipali. (Dok: Ist/Pu.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah akan menerapkan sistem pembayaran tol berupa multi lane free flow (MLFF). Sistem ini memungkinkan pengendara melakukan pembayaran tol tanpa sentuh sehingga tidak perlu menyetop kendaraannya terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara kerja sistem bayar tol tanpa sentuh (MLFF)?

Berdasarkan informasi pada laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), MLFF merupakan sistem yang menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi Cantas di ponsel. 

Dijelaskan bahwa, GPS akan menentukan lokasi yang terlacak oleh satelit dan dilakukan proses penyamaan lokasi (map-matching) yang beroperasi pada sistem sentral. Ketika kendaraan keluar tol dan proses penyamaan peta telah usai, GNSS atau gantry tersebut akan mengidentifikasi kendaraan yang lewat dan mengirim data ke pusat.

Dengan begitu, secara otomatis gantry akan memeriksa apakah kendaraan terdaftar, sudah membayar, dan terverifikasi kendaraan tersebut melakukan pelanggaran atau tidak.

Sehingga, sistem bayar tol tanpa setop akan membuat pengendara tidak perlu melakukan transaksi dengan menempelkan kartu uang elektronik, karena transaksi dilakukan pada ponsel melalui aplikasi Cantas dan gerbang tol difungsikan sebagai gantry.