Logo Bloomberg Technoz

Serangan kedua terjadi di sekitar taman pusat kota di Kharkiv dan melukai 12 orang, kata gubernur regional Oleh Oleh Syniehubov melalui Telegram, di mana ia juga menyebutkan jumlah korban dalam serangan Epicentr.

Gambar di media sosial menunjukkan kepulan besar asap hitam mengepul dari toko tersebut, yang merupakan bagian dari jaringan toko berskala nasional. Dua serangan di bagian tengah gedung terjadi beberapa menit setelah peringatan serangan udara dibunyikan, menurut perusahaan yang mengoperasikan jaringan Epicentr.

Zelenskiy menegaskan kembali seruannya untuk menambah sistem pertahanan udara untuk Ukraina dan Kharkiv pada khususnya.

“Tentu saja, jika kita memiliki sistem pertahanan udara dan pesawat modern yang lebih memadai, armada udara Rusia akan mengalami kehancuran yang sama seperti armada Laut Hitam mereka,” kata Zelenskiy dalam pidato video malamnya.

Putin Desak Percepat Ekonomi Perang

Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak para pemimpin produsen perangkat keras militer untuk meningkatkan produksi dan menjadikan ekonomi perang Rusia lebih efektif.

“Penting untuk membangun perekonomian angkatan bersenjata yang efektif,” kata Putin pada Sabtu di Tactical Missiles Corp. JSC, produsen utama senjata, termasuk rudal. 

“Kita harus selalu selangkah lebih maju, mendahului musuh. Maka kemenangan akan terjamin.”

Pertemuan di Korolev, dekat Moskow, dihadiri oleh Menteri Pertahanan Andrey Belousov, seorang ekonom yang bulan ini menggantikan peran sekutu lama Putin, Sergei Shoigu. Menteri Keuangan Anton Siluanov juga hadir.

Pengeluaran Rusia untuk pertahanan dan keamanan nasional diproyeksikan mencapai 8,7% dari produk domestik bruto tahun ini, dibandingkan dengan 13% pada pertengahan tahun 1980an pada masa Uni Soviet, menurut Kremlin.

(bbn)

No more pages