Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Ada Potensi Hujan Sepekan ke Depan (25-31 Mei 2024)

Redaksi
25 May 2024 21:00

Situasi banjir di Gandaria, Jakarta Selatan pasca hujan deras Sabtu (6/1/2024). (Dok: Istimewa)
Situasi banjir di Gandaria, Jakarta Selatan pasca hujan deras Sabtu (6/1/2024). (Dok: Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia sepekan ke depan.

Berdasarkan hasil analisa BMKG, potensi hujan terjadi pada periode 25-31 Mei 2024 di sebagian wilayah Sumatra, sebagian Jawa bagian barat, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan sebagian besar Papua.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan pihaknya mengidentifikasi masih ada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan secara signifikan. Kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut antara lain adalah adanya Bibit Siklon Tropis 99B di Teluk Benggala sebelah timur India serta Bibit Siklon Tropis 93W di Perairan Masbate di sekitar Filipina bagian Tengah.

"Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang. Kondisi ini berlangsung sebagian wilayah Indonesia hingga 31 Mei 2024," jelas Guswanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/5/2024).

Oleh karenanya, masyarakat khususnya yang bertempat tinggal daerah bertopografi curam/bergunung/tebing agar tetap waspada serta menghindari atau menjauhi lereng-lereng bukit yang rawan longsor.