Logo Bloomberg Technoz

Banjir DKI Jakarta: 6 Kecamatan dan 463 Jiwa Terdampak

Redaksi
25 May 2024 18:00

Warga melintasi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (22/3/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga melintasi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (22/3/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hujan dengan intensitas tinggi serta durasi yang cukup lama menyebabkan banjir melanda sebagian wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (25/5/2024) pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB), tercatat sebanyak 463 jiwa dan 146 rumah terdampak oleh banjir ini. Aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat terganggu pada wilayah yang terendam banjir.

"Banjir terjadi di enam kecamatan di wilayah Jakarta dengan ketinggian air terpantau 30-200 cm. Enam kecamatan tersebut antara lain, Jagakarsa, Pancoran, Pasar Minggu, Jatinegara, Kramat Jati dan Penjaringan," ujar Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Sabtu (25/5/2024).

Menurut laporan peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah DKI Jakarta masih akan dilanda hujan lebat dengan status waspada hari ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menambahkan, hingga saat ini masih terus melakukan pendataan dan pemantauan dampak banjir ini ke aparat kecamatan dan kelurahan di daerah terdampak banjir.