Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Aceh & Papua Barat Hari Ini

Redaksi
25 May 2024 16:00

Jalan rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa dini hari (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)
Jalan rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa dini hari (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik mengguncang Aceh dan Raja Ampat Papua Barat masing-masing dengan magnitudo 5 hari ini, Sabtu (25/5/2024), pada waktu yang berbeda.

Di Aceh, tepatnya wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Simeulue, gempa bumi terjadi pada pukul 07.10 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,69° LU ; 94,83° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 Km arah Barat Daya Kota Calang, Aceh pada kedalaman 13 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/5/2024).

Daryono mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Calang, Aceh Jaya dengan skala intensitas II - III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.