Logo Bloomberg Technoz

Petinggi Negara yang Jadi Buron ICC Selain Netanyahu

Redaksi
25 May 2024 13:30

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu usai bertemu PM Inggris di London, Inggris, Jumat (24/3/2023). (Chris J. Ratcliffe/Bloomberg)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu usai bertemu PM Inggris di London, Inggris, Jumat (24/3/2023). (Chris J. Ratcliffe/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanhayu menjadi buronan setelah Mahkaham Pidana Internasional (ICC) mengajukan permohonan agar pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan.

Dilansir dari situs resmi ICC, ternyata tidak ada Netanyahu  yang diminta untuk ditangkap. beberapa nama seperti Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant, Komandan Hamas Yahya Sinwar, Ketua Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh, Panglima saya militer Brigade Al Qassam Diab Ibrahim Al Masri juga diminta untuk ditangkap.

Selain terkait konflik antara Israel dan Hamas, sebelumnya ICC juga telah mengeluarkan permohonan penangkapan untuk beberapa petinggi negara.

Deretan nama yang mendapat surat perintah penangkapan ICC:

  • Vladimir Putin

ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan pada Maret 2023. Pengadilan menuding Putin mendeportasi ratusan anak Ukraina ke Rusia secara ilegal.

  • Omar Al Bashir

Mantan Presiden Sudan Omar Al Bashir juga menjadi buronan ICC. Surat penangkapan dirilis pada Maret 2009.