Logo Bloomberg Technoz

Bersamaan dengan pengembangan stasiun pengisian daya umum, ketersediaan pengisi daya di rumah juga sama pentingnya untuk menciptakan infrastruktur pengisian daya yang komprehensif. 

Untuk memfasilitasi pengisian daya di rumah, PT PLN menawarkan insentif seperti harga khusus untuk peningkatan sistem kelistrikan dan potongan tarif untuk pengisian daya semalaman. Langkah-langkah ini dirancang untuk mendorong lebih banyak penduduk untuk mengadopsi kendaraan listrik dengan membuat pengisian daya menjadi nyaman dan hemat biaya.

Selain berfokus pada elektrifikasi angkutan jalan penumpang, Pemerintah juga mengakui kontribusi signifikan angkutan jalan raya terhadap emisi CO2 di Indonesia. Di sisi lain, pemerintah saat ini sedang mengembangkan standar penghematan bahan bakar untuk kendaraan berat, sebagai kunci untuk menurunkan emisi dalam jangka pendek dan menengah.

"Untuk lebih mengurangi emisi transportasi, tahun ini pemerintah telah mengalokasikan 11,8 juta ton biodiesel seiring dengan peluncuran campuran 35% minyak sawit untuk biodiesel atau dikenal sebagai B35,” ucap Dadan. 

Program tersebut dapat mengurangi emisi GRK sekitar 34,9 juta ton CO2. Pemerintah optimis kombinasi regulasi, informasi dan insentif dapat mendorong efisiensi energi dan langkah-langkah mitigasi di sektor transportasi. 

(mfd/frg)

No more pages
← Prev article

Artikel Terkait

Baca Juga

Lainnya