Logo Bloomberg Technoz

Tak Hadiri Rakernas PDIP, Jokowi Bagi Sembako di Yogyakarta

Redaksi
24 May 2024 20:10

Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat awalnya sempat mengungkap alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak diundang pada Rakernas ke-5. Dia menyebut Jokowi tak perlu diundang karena sibuk dan menyibukan diri.

Akan tetapi, Djarot kemudian menyampaikan informasi yang berbeda tentang alasan ketidakhadiran Jokowi dan puteranya Gibran Rakabuming Raka beberapa jam sebelum pembukaan Rakernas. Dia menyebut, keduanya sudah tidak berstatus kader karena melanggar etika dan moral PDIP.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Presiden Jokowi ternyata tak memiliki jadwal kerja pada hari ini. Dia tercatat tengah beristirahat di Istana Yogyakarta. Dia bahkan kabarnya batal menghadiri acara Waisak di Candi Borobudur.

Jokowi tercatat sempat melakukan pembagian sembako kepada masyarakat di Istana Kepresidenan Yogyakarta sekitar pukul 16.15 WIB. Dia memberikan bungkusan sembako sambil ditemani cucu pertamanya, Jan Ethes.

Rakernas V PDIP menjadi momen pertama Jokowi tak hadir dalam acara besar partai berlambang kepala banteng tersebut. Sebagai kader, dia sempat memiliki tempat khusus pada 10 tahun terakhir di setiap acara PDIP.