Logo Bloomberg Technoz

DPR Minta Kemenag Batasi Umrah Jelang Musim Haji

Mis Fransiska Dewi
24 May 2024 18:55

Petugas pelayanan kesehatan Jemaah Haji. (Sumber: Kemenkes)
Petugas pelayanan kesehatan Jemaah Haji. (Sumber: Kemenkes)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) John Kenedy Azis meminta Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pembatasan keberangkatan umrah menjelang musim haji karena berpotensi menambah kepadatan jemaah di tanah suci. 

Bahkan, kata dia, DPR mendapat laporan sejumlah jemaah umroh sengaja bertahan di tanah suci untuk bisa melanjutkan ke ibadah haji. Hal ini juga nampak pada padatnya tenda jemaah haji Indonesia yang selalu kelebihan kapasitas, padahal disiapkan sesuai total kuota. 

DPR menyoroti kemungkinan adanya jemaah umrah yang berhaji secara ilegal dengan menggunakan visa umrah, bukannya visa haji.

"Padahal tenda sudah ditentukan. Bagaimana mereka mau memenuhi, nanti malah jadi liar pula," ujar John dikutip dari laman DPR, Jumat (24/5/2024).

Sebelumnya, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII tentang pembahasan seputar Kesiapan Pelaksanaan Haji 2024, John menyarankan Kemenag agar mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang berisi larangan bagi pihak travel atau agen perjalanan memberangkatkan masyarakat umrah pada musim haji 1445 Hijriah/2024.