Logo Bloomberg Technoz

Megawati Sebut PPP Bisa Kembali Menang Usai Tak Lolos Senayan

Muhammad Fikri
24 May 2024 15:55

Megawati di Rakernas PDIP ke-5. (Dok: Tangkapan Layar/Youtube PDI Perjuangan)
Megawati di Rakernas PDIP ke-5. (Dok: Tangkapan Layar/Youtube PDI Perjuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku sedih Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4% suara nasional pada Pemilu 2024. Meski demikian Megawati percaya PPP akan kembali memenangkan pemilihan di periode selanjutnya.

“PPP dulu sama PDI Perjuangan. Saya sedih sekali kenapa PPP nggak bisa masuk [lolos parliamentary threshold] tapi nggak usah khawatir pak, nanti menang lagi kok,”  jelas Megawati dalam pembukaan Rakernas PDIP ke-5, Jumat (24/5/2024).

PPP sebelumnya kukuh akan mengajukan gugatan penolakan hasil Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berdasarkan perhitungan internal partai, suara yang didapat seharusnya 4,04%-4,05% menurut Ketua DPP PPP Achmad Baidowi.

Menurut dia, ada selisih sekitar 100 hingga 250 ribu suara antara data internal PPP dengan hasil rekapitulasi berjenjang KPU. PPP, kata dia, siap membuktikan penyebab terjadinya pergeseran suara perolehan partainya ke partai politik lain. Kemudian ditemukan pula bukti-bukti dugaan kecurangan pergeseran suara partainya itu pada Pemilu 2024.

Selanjutnya, DPP PPP bersikukuh ingin memiliki jatah 12 kursi hasil pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Ini telah sesuai dengan penghitungan KPU. Akan tetapi, PPP memang berpotensi kehilangan 12 kursi jika MK tetap tak menambah perolehan suara partai tersebut. Hal ini merujuk pada penetapan hasil Pileg 2024 yang menempatkan PPP di bawah ambang batas 4%.