Logo Bloomberg Technoz

Projek Tol Balikpapan-IKN Gunakan Teknologi Canggih Finlandia

Pramesti Regita Cindy
24 May 2024 16:30

Proyek Wijaya Karya (IKN) di Kalimantan Timur; Jalan Tol IKN KKT Kariangau - Sp. Tempadung. (Dok. WIKA)
Proyek Wijaya Karya (IKN) di Kalimantan Timur; Jalan Tol IKN KKT Kariangau - Sp. Tempadung. (Dok. WIKA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Kerjasama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio melakukan pertemuan bilateral disela kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. 

Dimana, dalam pertemuan ini berfokus kepada potensi kerja sama antara Indonesia dan Finlandia dalam pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah smart intelligent sign untuk jalan tol Balikpapan-IKN.

"Kita akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (24/5/2024).

Tak hanya itu, Basuki menambahkan bahwa pihaknya  telah merencanakan untuk mengimplementasikan smart system di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan advis dari Finlandia terkait smart building system.

"Terima kasih atas dukungan Finlandia terhadap pembangunan smart city IKN. IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa," jelasnya.