Logo Bloomberg Technoz

Khusus paket personal termahal, harga perangkat yang direkomendasikan seharga Rp43,7 juta.

Faktor-faktor yang bisa membuat internet Starlink lemot bisa cek di sini.

Menteri Kominfo Beberkan Izin yang Dikantongi Starlink 

Untuk menjamin keamanan data dan kepatuhan terhadap hukum, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut bahwa PT Starlink Services Indonesia akan menyediakan Network Operating Center (NOC) di Indonesia. 

Dimana, permintaan NOC ini dilakukan pemerintah kepada perusahaan milik Elon Musk tersebut agar pemerintah dapat memantau kegiatan penyelenggara internet Starlink. Ini mengantisipasi dan kekhawatiran terjadinya penyalahgunaan data dalam memfasilitasi layanan internet berbasis satelit.

Sebelumnya, Budi menerangkan bahwa SSI telah memenuhi berbagai kewajiban yang diperlukan untuk beroperasi di Indonesia. Seperti hak labuh dan izin stasiun radio (ISR) dengan masa berlaku selama satu tahun yang akan dievaluasi secara berkala.

“PT Starlink Indonesia juga telah memenuhi seluruh syarat perizinan penyelenggara termasuk dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk penyediaan NOC di wilayah Indonesia untuk pelaksanaan monitoring traffic, monitoring kualitas link, monitoring gangguan dan kendali traffic," ucap Budi.

“Dengan enam jenis perangkat Starlink telah bersertifikasi termasuk dengan perangkat antena gateway nya, terminal dan antena user terminal," jelasnya. 

Lalu, SSI juga telah memiliki Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk jasa penyelenggara multimedia akses internet (ISP), dan izin penyelenggara jaringan tetap tertutup media VSAT dan jasa multimedia layanan akses internet.

“Yang kedua pembangunan gateway di Indonesia dan ketiga komitmen untuk mematuhi semua peraturan yang berlaku di Indonesia terkait dengan perlindungan data pribadi dan lalu lintas data,” klaim Budi Arie. 

Meski begitu, ia  menegaskan bahwa pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh penyelenggara, termasuk PT Starlink Service Indonesia, akan terus dilakukan. 

“Untuk pelaksanaan ke depan, saya sudah perintahkan kepada jajaran Kominfo untuk selalu melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh penyelenggara dan koordinasi terutama PT Starlink Services Indonesia.”

(wep)

No more pages