Logo Bloomberg Technoz

China Gandeng Brasil demi Upayakan Konferensi Damai Rusia-Ukraina

News
24 May 2024 11:45

Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)
Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)

Simone Iglesias - Bloomberg News

Bloomberg, Brasil dan China menyerukan konferensi perdamaian internasional yang diakui oleh Rusia dan Ukraina untuk membahas proposal guna meredakan perang.

Menyusul pertemuan pada Kamis (23/5/2024) antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Kepala Penasihat Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, Celso Amorim, kedua negara mengeluarkan pernyataan yang menguraikan “pemahaman bersama” mengenai jalan untuk menyelesaikan krisis Rusia-Ukraina.

Ini adalah pertama kalinya China menandatangani deklarasi bersama dengan negara lain mengenai perang tersebut.

“China dan Brasil mendukung konferensi perdamaian internasional yang diadakan pada waktu yang tepat dan diakui oleh Rusia dan Ukraina, dengan partisipasi yang setara dari semua pihak serta diskusi yang adil mengenai semua rencana perdamaian,” demikian bunyi pernyataan bersama yang ditandatangani di Beijing, yang mengulangi bahasa yang digunakan oleh Presiden Xi Jinping pada kesempatan sebelumnya.