Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Manufaktur AS Kian Ekspansif, Investor 'Kabur' dari Pasar

Tim Riset Bloomberg Technoz
24 May 2024 10:15

Kinerja manufaktur dan sektor jasa AS semakin ekspansif pada Mei (Dok. Bloomberg)
Kinerja manufaktur dan sektor jasa AS semakin ekspansif pada Mei (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar modal Indonesia masih tutup hari ini, Jumat (24/5/2024), karena cuti bersama perayaan Hari Raya Waisak. Bursa keuangan baru akan dibuka pada Senin mendatang.

Bila pasar modal RI dibuka hari ini, besar kemungkinan akan dilanda aksi jual baik di pasar saham maupun obligasi yang akan menekan rupiah semakin lemah. Penyebabnya masih sama, sentimen pasar global yang memburuk.

Dalam dua hari terakhir, sentimen pasar global cenderung bearish pasca rilis Risalah Rapat Federal Open Meeting Committee (FOMC) The Fed yang melontarkan sinyal hawkish mengikis ekspektasi penurunan bunga acuan Amerika tahun ini.

Kekhawatiran terhadap makin panjangnya periode higher for longer seolah terkonfirmasi kian kuat ketika data kinerja manufaktur AS yang dilansir tadi malam menunjukkan ekonomi terbesar di dunia itu masih sangat tangguh.

Indeks S&P Global US Composite PMI (Purchasing Manager's Index) bulan Mei tercatat di angka 54,4, naik signifikan dibanding April di 51,3 dan jauh lebih kuat di atas perkiraan pasar 51,2. Angka indeks di atas 50 menunjukkan ekspansi. Dengan kata lain, perekonomian AS masih tangguh di mana hal itu bisa membuat The Fed masih akan restriktif agar aktivitas ekonomi yang kuat tidak memicu reinflasi.