Logo Bloomberg Technoz

Kemenag Soal Haji: Pesawat Garuda Delay 4 Jam Karena Mesin Rusak

Dovana Hasiana
24 May 2024 10:45

Ilustrasi ibadah haji. (Photo by Shams Alam Ansari via pexels.com)
Ilustrasi ibadah haji. (Photo by Shams Alam Ansari via pexels.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Agama kembali melaporkan adanya penundaan selama 4 jam pada keberangkatan jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 41 Embarkasi Donohudan atau SOC 41 karena kerusakan mesin pesawat Garuda Indonesia.

SOC 41 seharusnya berangkat pukul 07.40 WIB. Saat itu, jemaah sudah berada di lokasi fastrack Bandara Solo. Namun, jemaah dikembalikan ke asrama haji karena pesawat mengalami kerusakan mesin dan perbaikannya diperkirakan menghabiskan waktu lama.

“Kami tegur keras ke Garuda. Saya mendapat laporan bahwa jemaah haji SOC 41 marah besar dan kecewa dengan layanan Garuda Indonesia. Delay sampai 4 jam,” terang Sekretaris Jenderal Kemenag M Ali Ramdhani dalam siaran pers, Jumat (24/5/2024).

Setelah tertunda, jemaah SOC 41 akhirnya diberangkatkan dengan pesawat yang seharusnya dipakai oleh SOC 42 pada pukul 12.17 WIB. Menurut Ali, solusi instan yang diberikan Garuda tersebut bakal meninggalkan masalah baru terkait dengan keberangkatan jemaah SOC 42.

Menurut Ali, keberangkatan SOC 42 juga tertunda selama 7 jam. “Seharusnya SOC 42 berangkat pukul 17.30 sore ini [Kamis, 23/5/2024] juga tertunda hingga tujuh jam kemudian baru terbang,” sambungnya.