Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Merosot ke Level Mingguan Terburuk 2024 Dipicu The Fed

News
24 May 2024 10:00

Emas batangan. (Dok: Chalinee Thirasupa/Bloomberg)
Emas batangan. (Dok: Chalinee Thirasupa/Bloomberg)

Sybilla Gross - Bloomberg News

Bloomberg, Harga emas menuju penurunan mingguan terbesar tahun ini, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa pada Senin lalu. Hal ini dipicu data inflasi Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dari perkiraan memperkuat spekulasi bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga tetap tinggi.

Emas batangan berada di jalur penurunan mingguan sebesar 3,6% di awal perdagangan Asia, yang akan menjadi kemerosotan terbesar sejak September. Penurunan harian terbesar minggu ini terjadi pada Kamis, ketika data menunjukkan aktivitas bisnis AS meningkat pada awal Mei dengan laju tercepat dalam dua tahun – menghilangkan harapan bank sentral akan segera beralih ke pelonggaran moneter.

Pelaku pasar swap kini memperkirakan penurunan suku bunga sebesar 25 basispoin (bps) pada Desember, padahal sehari sebelumnya memperkirakan penurunan suku bunga terjadi pada November. Investor telah membukukan keuntungan setelah rekornya pada hari Senin, sementara imbal hasil obligasi AS atau yield US Treasury yang lebih tinggi juga menambah tekanan pada harga – baik biaya pinjaman dan imbal hasil yang lebih tinggi dari biasanya- menimbulkan hambatan bagi emas, karena tidak membayar bunga.

Logam mulia masih naik 13% tahun ini, didukung oleh pembelian bank sentral, permintaan yang kuat di Asia dan konflik di Ukraina dan Timur Tengah yang menegaskan status safe haven logam mulia ini.