Logo Bloomberg Technoz

Siapakah Penemu Listrik? Ini Sejarah dan Tokoh-tokohnya

Redaksi
24 May 2024 08:30

Ilustrasi pembangkit listrik berbahan batubara. (Tomohiro Ohsumi/Bloomberg)
Ilustrasi pembangkit listrik berbahan batubara. (Tomohiro Ohsumi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, ketika kita menikmati kenyamanan dan kecanggihan alat-alat elektronik, kita sering lupa bahwa listrik yang kita gunakan tidak hadir begitu saja. Ada kontribusi besar dari para ilmuwan yang berhasil menemukan listrik dan mengembangkannya hingga menjadi apa yang kita nikmati saat ini.

Nah, tahukah Anda siapa penemu listrik yang berjasa tersebut? berikut ulasan lengkap Bloombergtechnoz.com yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penemu Utama Listrik: Michael Faraday

Michael Faraday, yang dijuluki sebagai Bapak Kelistrikan Dunia, lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Meskipun berasal dari keluarga miskin dan hanya mendapatkan sedikit pendidikan formal, minatnya pada bidang kelistrikan tidak pernah surut.

Faraday membuat terobosan besar dengan teori-teorinya tentang elektrokimia dan elektromagnetik. Salah satu penemuannya yang terkenal adalah motor listrik pertama dan dinamo, yang diciptakannya pada tahun 1821.

Dengan bimbingan dari ahli kimia terkemuka pada masanya, Sir Humphry Davy, Faraday berhasil mengembangkan teori-teori ini menjadi penemuan praktis yang mengubah dunia.

Tokoh Lain dalam Sejarah Listrik

Selain Faraday, ada sejumlah tokoh penting dalam sejarah penemuan listrik:

1. Thales