Logo Bloomberg Technoz

Tips Bagi Jemaah Haji Agar Tak Jatuh Sakit saat Gelombang Panas

Dinda Decembria
24 May 2024 06:45

Ilustrasi Biaya Haji (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Biaya Haji (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Pusat Kesehatan (Puskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memantau kesehatan para jemaah.

Hal ini sebagai antisipasi dan berharap pada pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji 2024 agar seluruh jemaah tak mengalami sakit berat ketika menjalani ibadah yang menuntut ketahanan fisik di tengah cuaca panas Arab Saudi.

Kepala Puskes Haji Kemenkes RI Liliek Marhaendro Susilo, Ak M.M mengatakan, 30 orang yang masuk kategori jemaah prioritas harus dimonitor kesehatannya secara rutin, yakni minimal dua hari sekali. Dalam monitoring kesehatan ini, petugas kesehatan akan melakukan pengecekan tensi darah.

Pengelompokkan kategori risiko kesehatan ini tidak hanya ditujukan bagi jemaah lanjut usia atau lansia, melainkan jemaah haji lain yang bukan lansia dan memiliki komorbid. 

Petugas memasangkan gelang ke calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Mereka juga harus minum obat secara teratur. Puskes Haji Kemenkes sudah mengimbau jemaah minum obat dan membawa obat rutin pribadi ke Tanah Suci sejak jemaah masih berada di Indonesia.