Logo Bloomberg Technoz

Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20 Batal padahal Revitalisasi Stadion Telan Rp175 M

Elisa Valenta
30 March 2023 14:45

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). (Tangkapan layar via website gbk.id)
Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). (Tangkapan layar via website gbk.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia batal setelah FIFA mencoretnya sebagai tuan rumah U-20 pada 2023. Pembatalan ini menyebabkan anggaran yang tak sedikit apalagi Indonesia sudah melakukan revitalisasi stadion.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebelumnya menyiapkan anggaran mencapai Rp 175 miliar untuk merevitalisasi enam stadion yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Anggaran tersebut telah dialokasikan dalam APBN 2022 yang ditujukan untuk Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Enam stadion tersebut antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Bung Tomo di Surabaya dan stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar. 

Dalam sejumlah kesempatan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan revitalisasi stadion Piala Dunia U-20 hampir 100%. Kementerian PUPR bertugas merenovasi dan memastikan stadion-stadion yang menjadi tempat laga tersebut sesuai dengan standar FIFA.

“Kami siap (sebelum April 2023). Semua yang masuk dalam program (Piala Dunia) U20 dan tempat untuk latihan ,” kata Basuki Hadimuljono di sela-sela kunjungan kerjanya mendampingi Presiden RI Joko Widodo di Tabanan, Bali, Kamis (2/2/2023).