Logo Bloomberg Technoz

Siap-Siap, Tiket Pesawat Mudik Naik Hampir 400%

Ruisa Khoiriyah
30 March 2023 13:31

PT Garuda Indonesia aircraft inside a hangar at the company's maintenance facility at Soekarno-Hatta International Airport (Dimas Ardian/Bloomberg)
PT Garuda Indonesia aircraft inside a hangar at the company's maintenance facility at Soekarno-Hatta International Airport (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bulan Ramadan baru berjalan 8 hari, akan tetapi gairah menyambut Lebaran sudah mulai meningkat. Maklum, pengumuman jadwal pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) sudah dirilis baik bagi karyawan swasta maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu paling lambat pada 18 April bagi pegawai swasta dan H-10 bagi ASN.

Dengan kepastian THR, masyarakat biasanya sudah memulai perburuan tiket mudik yang diperkirakan akan memuncak pada 21 April nant.

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz di beberapa aplikasi pemesanan tiket, harga tiket pesawat mulai menunjukkan tanda-tanda pergerakan kenaikan pekan depan. 

Pergerakan tiket pesawat kelas ekonomi rute Jakarta-Padang sekali jalan (Riset Bloomberg Technoz)

Sebagai gambaran, tiket pesawat kelas ekonomi untuk Jakarta-Surabaya, saat ini masih di kisaran Rp 600 ribu untuk sekali pergi. Namun, mulai sepekan berikutnya (6-13 April) harganya sudah di kisaran Rp 800 ribu. Semakin mendekati Lebaran, tiket pesawat rute yang sama melesat ke Rp 900 ribu hingga memuncak di kisaran Rp 1,2 juta per orang saat Hari Raya Idul Fitri tiba 21 April nanti.

Hal serupa juga terlihat untuk rute Medan, yang saat ini masih di kisaran Rp 800 ribu (di luar weekend), tapi H-9 sebelum Lebaran, harganya sudah di atas Rp 1 juta dan memuncak ke harga Rp 1,7 juta pada 19 April atau H-3 Lebaran.

Pergerakan tiket pesawat kelas ekonomi  pergi pulang rute Jakarta-Padang (Riset Bloomberg Technoz)