Logo Bloomberg Technoz

Perempuan Korsel Jadi Korban Penipuan Investasi 'Elon Musk'

Redaksi
22 May 2024 13:15

Elon Musk, CEO Tesla.
Elon Musk, CEO Tesla.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seorang perempuan Korea Selatan menjadi korban Elon Musk dan kehilangan uang 70 juta won atau sekitar Rp823 juta. Namun Elon yang dimaksud adalah orang lain yang menggunakan teknologi deepfake, memanfaatkan artificial intelligance (AI), menyamar sebagai CEO SpaceX dan Tesla.

Awal kisah, Jeong Ji-sun (merupakan nama samaran oleh stasiun penyiaran KBS) mendapat penawaran untuk investasi sebesar 70 juta won, setara US$51.433. Ji-sun menceritakan dalam segmen In-Depth 60 Minutes.

Ia berbicara dengan penipu lewat video, menampilkan wajah Elon Musk pada 17 Juli 2023, cerita Ji-sun pada episode yang tayang 19 April.

“Saya mengalami sesuatu yang seperti mimpi tahun lalu. Pada 17 Juli 'Elon Musk' menambahkan saya sebagai teman di Instagram. Meskipun saya adalah penggemar berat Elon Musk setelah membaca otobiografinya, saya sempat meragukannya pada awalnya.”

Elon Musk palsu dan Ji–sun selanjutnya melakukan panggilan video sehingga semakin yakin bahwa itu benar tokoh yang dia idola.