Logo Bloomberg Technoz

Peluncuran Boeing Starliner Ditunda Lagi Akibat Kebocoran Helium

News
22 May 2024 12:50

Boeing Starliner. (Sumber: Bloomberg)
Boeing Starliner. (Sumber: Bloomberg)

Loren Grush - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co dan NASA kembali menunda peluncuran awak pertama taksi luar angkasa Starliner milik Boeing, karena keduanya masih meninjau kebocoran helium yang mengganggu wahana tersebut.

Peluncuran, yang sebelumnya dijadwalkan pada 25 Mei, kini ditunda. Menurut pernyataan pada Selasa (21/05/2024) malam, NASA mengatakan "akan membagikan detail lebih lanjut setelah kami memiliki pandangan yang lebih jelas untuk kedepannya."

"Tim telah mengadakan pertemuan selama dua hari berturut-turut, menilai alasan penerbangan, kinerja sistem, dan redundansi. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan di area ini, dan kemungkinan kesempatan peluncuran berikutnya masih didiskusikan," kata pernyataan itu.

Penundaan yang tampaknya tak terbatas ini menandai penundaan terbaru dari beberapa penundaan lain bulan ini untuk debut penerbangan luar angkasa manusia dengan Starliner. Hal ini merupakan kemunduran terbaru untuk program yang menghadapi pembengkakan biaya, gangguan teknis, dan penerbangan uji coba yang gagal.