Logo Bloomberg Technoz

"Dalam sepekan ini ada beberapa perubahan jadwal, antara lain kloter pertama Embarkasi Solo atau SOC-01 dan kloter enam Embarkasi Makassar atau UPG-06 yang terdampak kerusakan mesin pesawat Garuda Indonesia yang akan memberangkatkan UPG-05," kata Saiful. 

"Untuk Saudia Airlines, keterlambatan terlama adalah 47 menit," sambungnya. 

Oleh sebab itu, dia berharap komitmen dari Garuda Indonesia dan Saudia Airlines dalam kontrak kerja untuk memberangkatkan jemaah haji Indonesia sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dan ditetapkan. 

Sebab, keterlambatan keberangkatan, apalagi hingga hitungan jam dan bahkan sampai terjadi perubahan jadwal, hal itu akan berampak pada penyiapan beragam layanan di Madinah maupun Makkah, baik transportasi, akomodasi, termasuk juga katering.

"Keterlambatan penerbangan juga berpotensi menjadikan jemaah semakin kelelahan karena terlalu lama menunggu." 

Sebagai informasi, Jemaah haji reguler Indonesia diterbangkan dengan dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Maskapai pertama akan memberangkatkan 109.072 jemaah yang tergabung dalam 294 kloter. Sisanya, 260 kloter diterbangkan dengan Saudia Airlines. Adapun total jemaah haji reguleh tahun 2024 ini sebanyak 213.320.

(prc/wdh)

No more pages