Logo Bloomberg Technoz

2. Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant

Dia juga akan ditangkap atas tuduhan melakukan kejahatan perang di Gaza, Palestina.

3. Ismail Haniyeh 

Dia adalah Kepala Biro Politik Hamas. Haniyeh akan ditangkap atas tuduhan pembunuhan ratusan warga sipil Israel pada 7 Oktober 2023.

4. Yahya Sinwar 

Dia adalah pemimpin Hamas di Gaza. Sinwar akan ditangkap atas tuduhan pembunuhan ratusan warga sipil Israel pada 7 Oktober 2023.

5. Mohammed Diab al-Masri atau Mohammed al-Deif 

Dia adalah Panglima Brigade al-Qassam. Deif akan ditangkap atas tuduhan pembunuhan ratusan warga sipil Israel pada 7 Oktober 2023.

Khan menyatakan bahwa Netanyahu dan Gallant akan bertanggung jawab pidana atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina. "Setidaknya sejak 8 Oktober 2023", katanya. 

Kejahatan perang yang terdaftar termasuk membuat warga sipil kelaparan sebagai metode peperangan, dengan sengaja mengarahkan serangan terhadap penduduk sipil, pemusnahan dan/atau pembunuhan termasuk dalam konteks kematian akibat kelaparan, serta penganiayaan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. 

“Kantor saya menyampaikan bahwa bukti yang kami kumpulkan, termasuk wawancara dengan para penyintas dan saksi mata, materi video, foto dan audio yang diautentikasi, citra satelit dan pernyataan dari kelompok yang diduga pelaku, menunjukkan bahwa Israel telah dengan sengaja dan sistematis merampas penduduk sipil di seluruh wilayah Gaza," kata Khan. “Hal ini terjadi melalui penerapan pengepungan total atas Gaza,” imbuh Khan. "Yang merupakan bagian dari rencana bersama untuk menggunakan kelaparan sebagai metode perang dan tindakan kekerasan lainnya terhadap penduduk sipil Gaza."

(red/ros)

No more pages