Logo Bloomberg Technoz

Harga minyak merosot pada awal perdagangan setelah mengalami kerugian kecil pada hari karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan Ukraina selama akhir pekan. Kondisi tidak banyak memicu aksi harga yang signifikan.

Minyak Brent untuk penyelesaian Juli turun 0,5% menjadi US$83,28/barel hari ini. Spread cepat – saat ini selisih antara kontrak Juli dan Agustus – adalah kemunduran sebesar 22 sen per barel. Sepekan lalu, kesenjangannya sekitar dua kali lipatnya.

Adapun, WTI untuk pengiriman Juni, yang berakhir pada ini, turun 0,6% menjadi $79,32/barel. Kontrak Juli yang lebih aktif turun 0,6% menjadi $78,86/barel.

Sekadar catatan, PT Pertamina (Persero) sebelumnya mengungkapkan Iran adalah negara dengan cadangan minyak terbesar ke-4 di dunia dengan cadangan minyak terbukti sebesar 157 miliar barel atau 9,3% dari total cadangan terbukti di dunia.

Iran juga memiliki cadangan gas terbukti terbesar di dunia sebesar 1,200 triliun kaki kubik atau trillion cubic feet (TCF), sebesar 18,2% dari total cadangan dunia.

(dov/wdh)

No more pages