Logo Bloomberg Technoz

Adapun, WTI untuk pengiriman Juni, yang berakhir pada ini, turun 0,6% menjadi $79,32/barel. Kontrak Juli yang lebih aktif turun 0,6% menjadi $78,86/barel.

Prospek Pasokan

Kendati demikian, Sutopo mengatakan, pasar tampaknya tidak terlalu khawatir terhadap pasokan minyak dari wilayah tersebut karena tidak ada tanda-tanda gangguan terhadap aliran minyak.

Namun, investor juga tengah hati-hati menunggu pertemuan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada 1 Juni untuk mengetahui kemungkinan perpanjangan pengurangan produksi.

Sementara itu, kejadian baru-baru ini seperti serangan Ukraina terhadap kilang minyak Rusia dan serangan rudal Houthi terhadap kapal tanker minyak tujuan China di Laut Merah terus menimbulkan risiko terhadap pasokan global.

“Dari sisi permintaan, Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan suku bunga Amerika Serikat cenderung lebih tinggi dari perkiraan pasar, sebanding dengan yang terlihat pada 1990-an,” ujar Sutopo.

Presiden Iran Ebrahim Raisi, seorang tokoh garis keras yang telah lama dipandang sebagai calon pengganti Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter di daerah pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan, demikian ungkap para pejabat dan media pemerintah pada Senin (20/5/2024).

Helikopter tersebut juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan enam penumpang dan kru lainnya.

(dov/wdh)

No more pages